Skip to Main Navigation
SIARAN PERS26 Juni 2023

Pertumbuhan Indonesia Tampak Melambat di Tahun 2023 Ditengah Memudarnya Dampak Pandemi

Mendukung Siswa Mengejar Ketertinggalan Saat Pandemi Dapat Membantu Indonesia Mewujudkan Potensi Penuhnya di Bidang Ekonomi

The World Bank

 

Jakarta, 26 Juni 2023 Pertumbuhan ekonomi di Indonesia diproyeksikan melambat menjadi 4,9 persen pada tahun 2023 dari 5,3 persen tahun lalu seiring kembali normalnya permintaan dalam negeri setelah mengalami lonjakan pasca-pandemi tahun lalu, serta melambatnya perekonomian global seperti yang telah diperkirakan sebelumnya. Hal ini disampaikan dalam laporan enam bulanan Bank Dunia Indonesia Economic Prospects.

Inflasi mengalami penurunan lebih cepat daripada yang diantisipasi pada awalnya berkat menurunnya harga minyak global, hasil panen yang lebih baik, beragam intervensi pemerintah untuk mengurangi penyumbatan suplai terutama terkait makanan, serta apresiasi Rupiah. Seiring menurunnya tekanan inflasi, pertumbuhan diharapkan didukung oleh konsumsi sektor swasta, sementara ekspor diproyeksikan menurun seiring menurunnya harga-harga komoditas dan permintaan global. Inflasi yang menurun membantu mengembalikan ruang bagi kebijakan moneter untuk mendukung perekonomian.

Posisi kebijakan fiskal Indonesia mulai kembali normal, merefleksikan konsolidasi fiskal yang terjadi lebih cepat dari yang diharapkan. Hal ini didasari oleh meningkatnya pendapatan secara umum dan disiplin belanja publik. Penerapan reformasi perpajakan serta peningkatan kualitas belanja publik, termasuk di dalamnya investasi publik dan program-program yang mendukung pertumbuhan, terus menjadi kunci pendukung perekonomian di masa mendatang.

“Di tengah ketidakpastian global, Indonesia mengalami peningkatan yang terus menerus di banyak bidang yang penting bagi pertumbuhan jangka panjangnya, terutama stabilitas makroekonomi, tata kelola sektor publik maupun infrastruktur. Berbagai peningkatan tersebut berhasil membantu menanggulangi kemiskinan ekstrem di negara ini,” kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Satu Kahkonen. “Agar Indonesia dapat mempercepat pertumbuhannya serta mencapai tujuannya menjadi negara berpenghasilan tinggi pada tahun 2045, Pemerintah dapat memprioritaskan penerapan reformasi struktural baru-baru ini seperti misalnya Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK), serta mengadopsi lebih lanjut berbagai kebijakan yang ramah-pasar di bidang perdagangan maupun peraturan bisnis yang dapat lebih jauh mengurangi kendala dalam persaingan.”

Sementara pertumbuhan ekonomi terus stabil, Indonesia mengalami penurunan pertumbuhan produktivitas seperti yang dialami oleh Pasar Berkembang dan Ekonomi Berkembang (Emerging Market and Developing Economies). Potensi pertumbuhan – suatu ukuran kinerja perekonomian saat beroperasi pada kapasitas penuh – tampak melambat akibat berkurangnya input dari tenaga kerja, kendala pada pembentukan modal manusia, dan melambatnya pertumbuhan produktivitas.  

Laporan ini juga menguraikan beberapa temuan dari studi Bank Dunia tentang hasil pembelajaran terkait penutupan sekolah selama masa pandemi COVID-19 dan mengusulkan langkah-langkah untuk meningkatkan hasil-hasil pendidikan. Terlepas dari upaya penerapan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi, penyelenggaraan layanan menghadapi berbagai kendala. Para siswa yang disurvei dalam studi ini menunjukkan penurunan keterampilan di bidang matematika dan bahasa, di mana siswa yang berasal dari rumah tangga berpenghasilan lebih rendah mengalami dampak terparah. Studi ini mencatat berbagai prakarsa Pemerintah untuk mengatasi pemulihan pembelajaran, termasuk melalui kebijakan Merdeka Belajar.

“Penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar sebagaimana biasanya (business as usual) tidak secara otomatis memperbaiki penurunan kemampuan pembelajaran yang diakibatkan oleh pandemi, atau mengatasi ketidaksetaraan akses pada pendidikan dan hasil pembelajaran bermutu, terutama bagi para siswa kurang mampu,” kata Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Habib Rab. “Suatu komitmen terhadap pemulihan hasil belajar yang meliputi alokasi sumber daya serta pelibatan para pemangku kepentingan menjadi penting. Juga sama pentingnya untuk menambah waktu belajar, menantang siswa secara akademis, serta memantau peningkatan kinerja belajar siswa.”

Mendukung siswa mengejar ketertinggalan mereka tidak hanya penting untuk memaksimalkan pendapatan mereka di masa depan, tapi juga dapat memainkan peran penting dalam mendorong Indonesia mencapai potensi produktivitas ekonominya secara penuh dan mewujudkan tujuannya menjadi negara berpenghasilan tinggi pada tahun 2045.

Laporan Indonesia Economic Prospects didukung oleh pendanaan dari Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

 

SIARAN PERS NO: 2023/092/EAP

Kontak

Jakarta
Lestari Boediono
+62-21-5299-3156

Blog

    loader image

TERBARU

    loader image