ARTIKEL

PNPM Generasi Sehat Dan Cerdas: Upayakan Pemerataan Pendidikan bagi Masyarakat Tidak Mampu di Indonesia

05 Oktober 2011


Image

Bantuan PNPM Generasi di berikan berdasarkan kebutuhan tiap individu.


PESAN UTAMA
  • Akses terhadap pendidikan dasar dan kesehatan melahirkan adalah tujuan utama PNPM Generasi.
  • PNPM generasi memberikan manfaat yang sangat besar untuk daerah dengan indikator angka pendidikan dan kesehatan yang rendah, dengan memberikan pelayanan melalui Posyandu setempat.
  • Di tahun 2010, kecamatan yang berpartisipasi pada program PNPM Generasi telah menerima alokasi dana hibah sebesar US$32.6 juta dari pemerintah maupun PNPM Support Facility (PSF)

Gorontalo, October 5, 2011 - “Saya ingin jadi guru, supaya anak-anak di desa saya jadi pintar”, ujar Rosna Alaika malu-malu saat ditanya apa cita-citanya bila sudah dewasa nanti. Rosna Alaika (10 tahun) dan adik laki-lakinya Romin Alaika (9 tahun) adalah penerima manfaat PNPM Generasi di Kecamatan Mananggu, Kabupaten Bolaemo, Gorontalo.

Keluarga bahagia adalah idaman setiap anak seusia Rosna dan Romin yang masih membutuhkan perhatian dan bimbingan dari orang tua. Namun kenyataan berkata lain, kedua orang tua kandungnya nya menelantarkan mereka begitu saja tanpa memberikan perhatian yang cukup. “Saya tidak sampai hati melihat anak-anak ini, mau jadi apa mereka nanti? Jadi, saya ajak mereka untuk tinggal bersama saya,” ujar Ibu Yusna Alaika yang masih memiliki hubungan darah dengan orang tua Rosna dan Rosmin.

Dengan penghasilan suaminya yang pas-pasan dari hasil bekerja sebagai buruh tani, Ibu Yusna dan suaminya harus menghidupi keempat anaknya, Rosna dan Rosmin. Walaupun harus hidup sederhana, Ibu Yusna tetap bertekad untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga tamat. Menurutnya, pendidikan adalah bekal masa depan anak-anak agar bisa hidup lebih baik. “Saya bersyukur ada program dari PNPM yang memberikan beasiswa bagi Rosna dan Romin hingga tamat SD,” kata ibu Yusna menyatakan kegembiraannya menerima bantuan pendidikan dari program PNPM Generasi. Selain beasiswa, Rosna dan Rosmin menerima paket bantuan perlengkapan sekolah yang masing-masing terdiri dari 4 pasang seragam sekolah, sepatu, tas, buku pelajaran dan alat tulis.

Sebelumnya Ibu Yusna kurang memahami tentang program PNPM Generasi, namun setelah mendapat penjelasan dari Fasilitator Kecamatan PNPM Generasi, ia setuju untuk menerima bantuan pendidikan dan segera menyampaikan pada dua bersaudara, Rosna dan Rosmin. “Saya senang sekali bisa belajar dan punya banyak teman”, ujar Rosna saat ditanya perasaannya tentang sekolah. Ibu Yusna berharap bantuan pendidikan ini dapat menjadi pintu menuju kehidupan yang lebih baik bagi generasi muda.

Fasilitator Kecamatan dibantu oleh Tim Pertimbangan Musyawarah Desa (TPMD) menjadi komponen penting dalam pelaksanaan PNPM Generasi di tingkat Kecamatan dan Desa. TPMD bertugas mengindentifikasi kebutuhan masyarakat di desanya melalui pertemuan-pertemuan maupun pendekatan personal. Bentuk bantuan yang diberikan PNPM tidak dalam bentuk uang, melainkan berupa barang seperti perlengkapan belajar, tas dan sepatu. Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan digunakan sesuai kebutuhan penerima manfaat.

Menurut Bapak Esra Bawolye, TPMD Kecamatan Mananggu, bantuan PNPM Generasi untuk bidang pendidikan diberikan berdasarkan prioritas kebutuhan penerima manfaat. Prioritas bantuan diutamakan untuk masyarakat yang kehidupannya memprihatinkan dan pendidikan pendidikan bagi anak-anak mereka belum terpikirkan. Saya seringkali terharu saat mendatangi rumah-rumah warga di desa, terutama warga yang tidak mampu,” ujar Bapak Esra Bawoye, TPMD Kecamatan Mananggu. Pria berusia 74 tahun ini telah terlibat dalam PNPM Generasi sejak 2008. Hingga tahun 2011 ini, ia menyatakan sudah banyak perubahan yang terjadi di Kecamatan Mananggu, khususnya dalam hal pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari menurunnya angka putus sekolah dan meningkatnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan. Lebih lanjut Bapak Esra menyampaikan harapannya bahwa apa yang telah dilakukan oleh PNPM Generasi nantinya dapat terus berlanjut dalam mendukung pemerataan pendidikan di Indonesia.


Api
Api

Welcome